Saturday, March 25, 2017

Tuti Ismail

CARA GAMPANG MASUK KE DJPONLINE


Kalau sudah mendapat EFIN segera lakukan registrasi ke djponline.pajak.go id. Registrasi atau pendaftaran hanya dilakukan satu kali saja.

Pada saat registrasi atau daftar buatlah PASSWORD yang mudah diingat. Password inilah yang selanjutnya kamu perlukan untuk masuk ke djponline.pajak.go.id.

Beberapa kawan saya sempat salah pengertian, mereka panik menghubungi saya lantaran lupa EFIN. Saya tanya, kalau password masuk djponline ingat ?? Ingat donk ... Begitu jawabnya. Ya kalau ingat tidak perlu EFIN lagi. Kalau sudah registrasi di djponline tinggal masukkan NPWP dan password saja. Selanjutnya pengisian SPT Tahunan dapat langsung dilakukan. Gitu ?? Iya gitu ajaaa...

Ada beberapa Wajib Pajak yang saya temui begitu apik dalam hal administrasi. Mereka menyimpan lembar EFIN dari kantor pajak, menuliskan alamat email berikut passwordnya dan password masuk ke djponline. Apik sekali.

"Saya masih ingat tahun lalu Mbak Tuti sarankan simpan EFIN dan catat email plus passwordnya," begitu kata salah satu ibu guru di SMA 8 Pontianak. Sayangnya Wajib Pajak yang seperti ibu guru ini jumlahnya sangat sedikit.

Paling mudah adalah membuat password yang sama dengan password email atau facebook.

Lah ngape ?? Alasannya  supaya nggak lupa ! SPT Tahunan yang diisi hanya setahun sekali sangat potensi kita lupa password untuk masuk ke akun di djponline.

Lah ngape ?? Tiap kali sosialisasi dan saya tanya siapa yang tidak punya facebook, mayoritas menjawab punya akun facebook.

Bahkan beberapa orang bersikeras tidak punya email tapi punya facebook. Hehehe

Kalau begini kejadiannya samakan saja alamat email ketika registrasi ke djponline dengan email yang digunakan untuk facebook, berikut passwordnya.

Lah ngape ?? Ya alasannya biar nggak lupa ! Jangan sampai kejadian tahun lalu terulang lagi, Wajib Pajak tengah malam whatsapp saya tanya ketika isi SPT via efiling meski password benar mengapa nggak bisa masuk juga ? Saya bilang direset saja passwordnya. Kata dia tetap nggak bisa. Balas dia, tolonglah Mbak saya dah ngantuk nih.  Kasih tahu saya lah apa password email saya. $@/=/-'?:#  yaaahh



Pontianak, 25 Maret 2017


Tuti Ismail

About Tuti Ismail -

tax officer, a mother