Sunday, June 17, 2018

Tuti Ismail

WISKUL : Lumpia Semarang


Sesorean ini saya sudah ada di atas kereta dari Semarang menuju Jakarta. Libur tlah usai.

Sudah bertahun-tahun belakangan naik kereta api menjadi sangat menyenangkan. Tertib, rapi, tepat waktu. Jadwal kereta pukul 16.00 wib dan kereta berangkat tepat di jam yang sama. Menurut saya moda transportasi yang mengedepankan kualitas pelayanan sungguh berkelas, apapun moda transportasinya.

Kuliner terakhir yang saya ingin ceritakan hari ini adalah Lumpia. Sejatinya jika kita bicara tentang Kota Semarang tidak akan pernah lepas dari mengingat kudapan yang satu itu. Setiap kali ke Semarang rasanya memang belum lengkap kalau belum mampir ke Lumpia Mbak Lien (lokasi di jalan Pandanaran tepatnya depan Bandeng Juwana dan di Johar dekat Toko Oen) atau Lumpia Delight.

Pada tahun 1996, ketika kali pertama sama ke Semarang rasanya pingsan  begitu tahu harga satu Lumpia. Saya waktu itu menganggap remeh, dipikir Lumpia ini sekelas Risoles apalagi dijajakan di gerobak-gerobak pinggir jalan. Untuk satu Lumpia di Mbak Lien dibandrol dengan harga @Rp16.000,00. Lumayan kan ? Kalau di Lumpia Delight harga bervariasi karena isi Lumpia yang beraneka ragam. Cik Mei Mei si empunya Lumpia Delight sepertinya senang berinovasi, jadi isi Lumpia bukan melulu dicampur dengan udang tapi ada juga yang dicampur dengan rajungan ataupun disajikan plain alias hanya rebung saja (cocok untuk vegetarian).

Penasaran apa sih yang  membuat harga Lumpia ini lebih mahal dari Risoles ? Selidik punya selidik ternyata terletak pada bahan-bahan yang digunakan. Kalau kita bedah isi Lumpia akan terlihat campuran rebung, telur, dan udang. Komposisi dari ketiga bahan tersebut dan besar kecilnya Lumpia menentukan mahal tidak camilan ini. Tentu saja termasuk di dalamnya memperhitungkan sedapnya rasa.

Kalau saya suka Lumpia di kedua tempat itu, mungkin kamu suka di tempat lain. Bebas saja. Selamanya yang namanya selera tidak untuk diperdebatkan toh 😊😊

#supportukm

Tuti Ismail

About Tuti Ismail -

tax officer, a mother