Sunday, January 20, 2019

Tuti Ismail

Hari Pasaran


"Hari ini ke pasar mana,  Mbak  ?" tanya saya pada seorang sepupu waktu itu. Mbak Siti namanya. Mbak Siti seorang pedagang baju di pasar. Usaha dagang baju turun temurun dia wariskan dari orang tua angkatnya, Mbah Dolah.

"Hari ini ke Pasar Kemiri," jawabnya sambil melipat kulit kasur. Untuk tambah-tambah barang dagangan kulit kasur kapuk dia jahit sendri.

"Kok bukan ke Pasar Kutoarjo ?" tanya saya penasaran. Sepupu saya tinggal di Desa Smawung Kembaran,  Kutoarjo.  Kemiri adalah nama tetangga desa sebelah, letaknya sama-sama di Kota Kutoarjo juga.  Jika melihat jaraknya Pasar Kutoarjo lebih dekat dengan kampung kami.

"O ndak. Di Kemiri, hari pasaran sekarang. Besok baru ke Pasar Kutoarjo," jawabnya. Di wilayah Jawa Tengah umum mengenal hari pasaran. Pada hari pasaran biasanya pasar lebih ramai, dagangan yang dijajakan lebih beragam.  Pedagang seperti Mbak Siti harus hapal kapan hari pasaran di pasar A, B atau C, agar barang dagangan tidak salah dikirim oleh porter.

Hari ini kereta commuter line menuju Stasiun Tanah Abang lebih ramai dari hari biasanya. Wajah-wajah asing dengan tangan menenteng stroli kecil berjejal di gerbong wanita. Mereka adalah pedagang eceran baju atau produk konveksi lainnya. Sama seperti Mbak Siti sepupu saya itu. Mereka berbondong datang sejak pagi supaya dapat barang-barang terbaik,  paling trendy dan bukan barang  sisaan. Ini penting,  sebab berbal-bal barang yang mereka beli nantinya akan dijajakan lagi. Selepas Stasiun Tanah Abang commuter line langsung lengang. Kalau kamu mau,  saking lengangnya di dalam gerbong kamu bisa unjuk kebolehan menarimu.

Sebetulnya ada dua hari dalam seminggu yang seperti ini,  Senin dan Kamis. Dua hari itu adalah hari pasaran di Tanah Abang. Orang menyebutnya Pasar Tasik. Saya tidak tahu persis mengapa disebut Pasar Tasik,  mungkin karena pengrajin dan pengusaha konveksi yang hari ini turun gunung menjajakan dagangannya, kebanyakan berasal dari Tasik. Mungkin ini sama kasusnya seperti kita menyebut pangkas rambut Garut, karena kebanyakan tukang pangkas rambut berasal dari Garut. Kalau ingin dapat barang lebih murah datang lah ke Tanah Abang pas hari pasaran. Hari pasaran di Pasar Tasik.

----
Belalang Sipit
21/01/2019


Tuti Ismail

About Tuti Ismail -

tax officer, a mother