Saturday, January 12, 2019

Tuti Ismail

R. U. D. I.


Bagaimana jika kalian bukan sahabat masa remaja saya dulu ? Sulit rasanya berandai-andai. Mungkin dunia akan fllat seperti keripik Lays. Padahal saya ini adalah penggemar berat Chitato. Gimana donk ?

Pada awal tahun 90-an untuk pertama kalinya istilah JJS mulai populer di kalangan anak muda.  Adalah Deny Malik,  seorang penyanyi sekaligus koreografer mempopulerkan lagu Jalan-tahun '89 lagu Jalan Jalan Sore (JJS)  yang dinyanyikan Deny Malik meledak di pasaran.

Fenomena JJS remaja di lintas Melawai dengan cepat menular ke wilayah lain di ibu kota. Pusat-pusat keramaian mulai menjamur. Mall, supermarket,restoran siap saji kian subur.

Anak-anak remaja yang hidup pada masa itu rasanya sedikit banyak pasti pernah sekali dua kali JJS bersama teman-teman. Entah mungkin juga karena kami wanita setiap kali JJS selalu berakhir di tempat makan atau supermarket.  Selalu begitu.  Membeli seporsi kentang goreng dan segelas minuman ringan di resto cepat saji rasanya sudah senang. Pun demikian jika hanya bisa  membeli sebatang coklat di supermarket. Terpenting adalah bisa cuci mata, jalan,  ngobrol, tertawa atau mentertawakan kebodohan kami sendiri.

Seperti sore itu ketika berada di sebuah supermarket bilangan Rawamangun. "Ini shamponya Rudi," kata saya sambil memegang sebuah botol shampo. "Kok tahu ?" tanya Rini
"Iya tahu lah," kata saya sambil meletakkan kembali botol shampo itu di raknya. "Dia cerita ? Kalian sedekat itu ? Pacaran ?  Kok kita nggak tahu ?" tanya Rini lagi sambil mengejar saya. Saking penasarannya pertanyaannya seperti rentetan AK 47.

Ingin rasanya mendaratkan satu jitakan untuk anak ini, sembarangan saja main tuduh. "Ya Allah. Ya pasti tahu lah. Itu bisa dibaca botolnya, Neng !  Shampo bikinan Rudi Hadisuwarno," jawab saya lagi.
 "O."
"Kok cuma oh."
"Oh Rudi Hadisuwarno, kirain Rudi temen sekolah kita," sahutnya tertawa menahan malu.

Idiihhh ?!$()"#/*-'

 ----
Belalang Sipit
12/01/2019

#30haribercerita #30hbc1912 #Bagaimanajika @30haribercerita

Tuti Ismail

About Tuti Ismail -

tax officer, a mother