Saturday, July 23, 2016

Tuti Ismail

MASJID AT TAQWA (1918 M)



MASJID AT TAQWA (1918 M)


Masjid At Taqwa terletak di jalan Pak Kasih, Kelurahan Mariana, Pontianak atau persis di depan kompleks pelabuhan Dwikora Pontianak. Letaknya yang sangat strategis menyebabkan masjid ini kerap disinggahi oleh jamaah yang kebetulan melintas saat waktu shalat tiba. Masjid ini didirikan pada tahun 1918 dan termasuk salah satu masjid tua di Pontianak.

Masjid memang terlihat seperti bangunan baru padahal tidak demikian adanya. Masjid ini memang telah beberapa kali direnovasi tapi sesungguhnya tidak merubah banyak masjid ini. Bahan dasar masjid ini tetaplah terbuat dari kayu besi namun bedanya saat ini tiang2 penyangga dari kayi yang berada di dalam masjid telah dilapisi dengan keramik berwarna hitam. Pondasi masjid juga masih menggunakan pondasi gantung. Itulah pula sebabnya jika truk kontainer dari dan menuju pelabuhan melewati masjid ini maka getarnya begitu terasa. Masih ada tembok besar di pintu masuk masjid yang masih asli sejak berdirinya hingga kini, kokoh berdiri...

Beruntung saya sempat singgah di masjid ini saat Ramadhan. Bukan sebab masjid ini sudah sepi jamaah tapi mengingat bangunan sudah semakin tua, maka renovasi besar2an akan dilakukan setelah Ramadhan berakhir begitu kira2 penjelasan dari seorang bapak yang saya temui sore itu. Memang benar, spanduk pemberitahuan masjid akan direnovasi memang sudah terpampang di depan masjid. Bangunan asli berlantai satu akan diubah seluruhnya menjadi bangunan berlantai dua. Ukurannya pun akan lebih kecil dari saat ini karena sebagian lokasi bangunan akan terkena pelebaran jalan.

Mudah2an setelah direnovasi masjid akan semakin ramai oleh jamaah dan tetap memberi keteduhan yang nyaman bagi para musafir.

Hari semakin senja, masjid mulai ramai oleh orang2 yang akan berbuka puasa.... deretan makanan untuk takjil berbuka puasa mulai dihidangkan... semoga menjadi berkah dan pemberi sedekah mendapat rezeki berlimpah...

Kaligrafi di dinding masjid sore itu samar2 seolah berbisik lembut .... "berilah peringatan sanak saudarimu yang terdekat"
haiii anak2 ganteng di rumah, masih puasa kan dek ? Buka puasa pake apa sore ini ???

‪#‎Ramadhandirantau‬

Tuti Ismail

About Tuti Ismail -

tax officer, a mother