Saturday, July 23, 2016

Tuti Ismail

MASJID di KERATON MEMPAWAH








Masjid Jamiatul Khair namanya, terletak di kelurahan Pulau Pedalaman, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat adalah salah satu bukti bahwa islam telah masuk di Mempawah setidaknya sejak abad ke 18 M (atau mungkin sebelumnya).

Jangan dibayangkan kalau letak masjid ini beneran di daerah pedalaman ya... enggak banget, Pulau Pedalaman hanya nanya kelurahannya aja kok... tempatnya strategis mengingat berada dalam kompleks Keraton Mempawah (Keraton Amantubillah). Dari Pontianak menuju Mempawah kira-kira 1 - 2 jam, seperti Jakarta - Bogor gitu lah... deket.

Masjid ini dibangun tanggal 8 Dzulhijjah 1324 H atau 23 Desember 1906 M oleh Panembahan Mempawah yaitu Gusti Muhammad Taufiq Aqamuddin.

Sejarah mengenai Kesultanan Mempawah sudah cukup tua, dapat ditelusuri melalui salah satu tokohnya yang mahsyur pada abad 18 yaitu Upu Daeng Manambon dari Luwu. Bicara sejarah Islam di Mempawah adalah bicara tentang jejak Suku Bugis di Kalimantan Barat. http://daerah.sindonews.com/…/opu-daeng-menambon-penyebar-i…

Sebenarnya saya dan kawan2 bukan pada Ramadhan ini berkunjung ke masjid tersebut tapi telah jauh hari bahkan berbulan2 yang lalu kala singgah dalam perjalanan menuju Singkawang. Namun pesona masjid ini memang sungguh tak terlupakan hingga kini. Berbahan kayu besi yang terawat dengan apik, bersih dan letaknya yang berada di tepi Sungai Mempawah.

Menarik mengunjungi masjid ini sebagai salah satu peninggalan bersejarah perkembangan agama Islam di Kalimantan Barat.

Jika mengunjungi Masjid Jamiatul Khair Pulau Pedalaman jangan lupa mampir di Keraton Amantubillah ... dan tak lengkap jika tak mampir ke Kantin Sop Tulang Bestari.... hmmm ‪#‎serius‬

‪#‎Ramadhandirantau‬

Tuti Ismail

About Tuti Ismail -

tax officer, a mother